Translator

Array dan Struktur

1. ARRAY 

Array merupakan tipe data yang paling sederhana yang paling banyak dipergunakan. Hampir semua bahasa pemrograman menyediakan native data tipe array ini. Pada bab sebelumnya telah dijelaskan bahwa array termasuk tipe data struktur karena array selalu terdiri dari 1 atau lebih tipe data atomik atau struktur lainnya.
Pada umumnya letak elemen array secara logika dan fisikal (letak dimemori) adalah sama. Array selalu terdiri atas 2 bagian: index dan komponen. Setiap index hanya selalu bersisi 1 komponen (hubungan antara index dan komponen adalah one-to-one). Maka dari itu hubungan antar elemen pada array bersifat homogenous.
Dalam bahasa C mendefinisikan array 1 dimensi :

   char student [4];
index contoh nilai
   [0]            A
   [1]            B
   [2]            C
   [3]            D
Array bisa diakses secara positional access – pengambilan elemen berdasarkan posisi index, atau dengan associative access – pengambilan elemen berdasarkan isi dari elemen yang bersangkutan.
Karena pencapaian elemen pada positional access dilakukan secara acak, maka dapat disebut juga sebagai random access.

· contoh untuk positional akses
for (i=1; i<=jumax; i++) {
     printf(“%d”, a[i]);
}

· contoh untuk associative akses
             ketemu = false;
            nilaiassociative = 45;
            for (i=1; i<=jumax; i++) {
                 if (a[i] = nilaiassociative) ketemu = true;
           }
Jenis operasi yang dapat dilakukan terhadap array adalah:
§ Retrieve, yaitu membaca atau mengambil nilai di elemen tertentu didalam array tersebut.
Update, yaitu mengubah nilai di lemen tertentu yang terdapat pada array tersebut.

1.1. Dimensi 


Dalam bentuknya array dapat kita tinjau dari segi pengaturan struktur datanya dalam konteks dimensi sebagai berikut :
· Array 1-dimensi, contohnya: list, vektor
Perhatikan contoh penggunaan array astudent pada program dibawah ini :

Gambar 1. Contoh penggunaan Array


Hasil program diatas adalah :





Gambar 2. Hasil program dari gambar 1




Berikut kita akan membahas array 2-dimensi (5x2) yang diberi nama variabel jual dan dapat kita definisikan sebagai berikut:



Contoh penggunaan array 2 dimensi:
#include <stdio.h>
Main()
{ char jual[2][5];
int i, j, no;
jual[0][0] = 600;
jual[0][1] = 700;
jual[0][2] = 1000;
jual[0][3] = 800;
jual[0][4] = 750;
jual[1][0] = 700;
jual[1][1] = 1000;
jual[1][2] = 800;
jual[1][3] = 750;
jual[1][4] = 450;
printf(“Daftar Penjualan:\n”);
printf(“Senin Selasa Rabu Kamis Jumat\n”);
for (i = 0; i < 2; i++)
{ prinf(%d, no = i + 1)
for (j = 0; j < 5; j++)
printf(“%d”, jual[j][j]);
 (“\n”);
}
}
Program diatas membuat daftar penjualan dengan mendefinisikan array 2 dimensi dengan instruksi int jual [2][5];
Table yang dibuat untuk penjualan selama seminggu , yaitu di antara hari senin sampau jum’at , yang diekspresikan melalui panjang  array dimernsi pertama dengan angka 5. Angka selanjutnya adalah mendefinisikan urutan lainya melalui array di dimensi kedua dengan angka 2. Dengan definisi array 2 dimensi diatas, kita mempunyai array dengan jumlah memori yang dialokasikan sebanyak 10 yang dimulai dari index ke [0][0]s/d index ke [1][4].
Cara melakukan assigment untuk array 2 dimensi tidak banyak berbeda dengan yang kita kenal sebelumnya, yaitu sepertii instruksi jual [0][0] = 600; artinya memory untuk indexmendapat nilai 600, dan analog untuk lainya. Tulis dengan algoritma untuk menampilkan nilai, seperti :
Tampilkan judul
Selama baris belum habis
Selama kolom belum habis
Tampilkan nilai array
Pindahkan ke baris berikutnya 
Lakukan dengan menggunakan instruksi FOR berlapis, seperti ;
proses pengulangan dilakukan dengan menggunakan variable i dan j untuk running index. Hasil yang didapat adalah ;
Daftar penjualan :
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
1600
700
1000
800
750
2700
1000
800
750
450

· Array 3-dimensi, contohnya: matriks (3 dimensi)
Contoh array 3 dimensi 
Array multi-dimensi, pada prinsipnya, secara teori jumlah dimensi dari matriks tidak terbatas, yang membatasi adalah kemampuan hardware dan besar dari memori.



1.2. Parameter Array


Untuk penghitungan lokasi/address dari array kita harus mengetahui beberapa parametr array, yaitu: 
1. Base address (b)
Alamat (byte pertama) dari array yang di assign pada saat binding time.
Binding time adalah waktu dimana array di assign pada suatu lokasi di memory, bsa pada saat di compile atau di execute. 
2. Component Length (L)
Panjangnya memory untuk menyimpan satu komponen (L) tergantung dari tipe dan bahasa pemrograman , misalkan pada Turbo Pascal 7.0 tipe integer mempunyai L = 2, sedangkan pada Turbo C 2.0 integer L = 2 tetapi pada Visual C++ 5.0, integer L = 5;
3. Lower Bound(lk) & Upper Bound(uk)
Lower Bound adalah nilai index yang terkecil, sedangkan upper bound adalah nilai index yang terbesar. Contoh: int a[5], lk = 0 dan uk = 4
4. Dimension (d) 
Besarnya dimensi suatu array. Contoh: untuk int a[5], d = 1 sedangkan untuk int s[5][2], d =2

1.3.  Array Mapping Function


Setelah kita mengetahui definisi dari masing-masing parameter array seperti yang dibahas diatas, maka berikutnya kita mempergunakan parameter tersebut dalam perhitungan lokasi (alamat) dari komponen berdasarkan nilai indeksnya, atau yang lebih dikenal dengan istilah Array Mapping Function disingkat AMF
Array Mapping Function (AMF)  adalah suatu fungsi pemetaan nilai indeks (i) dari suatu komponen array ke alamat(adress) dari komponen yang bersangkutan
Rumus yang dipergunakan dalam fungsi pemetaan ini adalah :

Addrs (S[i1][i2]…[id]) = C+ C*i+ C2* i2 +… + Cd*id
dimana:
Cd = L
Ct-1 = (ut-lt +1) * C0 * Ct
C= b – (C1*l1) - … - (Cd * ld)

Besar memori M = L * (ui-li + 1) * …*(ud-ld+1)
  L = component Length
  d = dimension
  l1 = lower bound  u1= upperbound
  b = base address

Untuk lebih memperjelas rumus diatas, akan diberikan contoh perhitungan AMF.
Array 1 dimensi 
 Int S[5];
Diketahui b = 500, L = 2
 l= 0,  u= 4
C= L= 2
     = 500 – (0 * 2)
     = 500
Addrs S[i] = c+ c1 * i1 à      Addrs (S[1] )= 500 + 2 * 1 = 502
                                                                    Addrs (S[2]) = 500 + 2 * 2 = 504
                                                                    Dan seterusnya sampai S[4].


2. Struktur


Structure pada C identik dengan Record pada bahasa Pascal. Structure merupakan kumpulan dari satu atau beberapa variabel yang mempunyai tipe sama atau berbeda (heterogeneous). Variabel didalam structure disebut dengan nama komponen, field, elemen atau members.
Bentuk umum deklarasi structure pada C adalah :
struct<structname>{
<type><elemen_name1>;
<type><elemen_name2>;
...
...
} <structure_variable>;

Contoh :
struct Mahasiswa{
char Nim[10];
char nama[20];
float ip;
int semester;
};

Setelah structure terdefinisi, apabila ada variabel baru yang bertipekan structure tadi, maka:
struct Mahasiswa X;  
atau bisa dideklarasikan langsung setelah deklarasi structure:
struct Mahasiswa{
char Nim[10];
char nama[20];
float ip;
int semester;
}; X, Y;


2.1  Akses Field


§ Bentuk umum :
<structure_variable>.<field_name>
<structure_pointer>à<field_name>
Contoh:
X.semester=4;
X.ip=3.75;
Mahasiswa *ptr=&X;

ptràsemester=4;
ptràip=3.75;

§ Membaca data dari keyboard
scanf(“%d”,&X.semester);
scanf(“%s”,&X.nama);
Besar memori yang dipergunakan oleh structure sama dengan jumlah memori yang diperlukan oleh setiap field-nya.

2.2 Parameter Struktur


§ Lokasi basis/ base address (b)
§ Field List
§ Field Length

2.3 Perhitungan Memory


Alamat Field= base location + offset.
Contoh :
 Jika base location = 500, dan komponen length dari tipe integer = 2
sruct Tgl{
     int tanggal;
     int bulan;
     int tahun;
};
struct Peg{
  int NIP;
  Tgl mulai_bekerja;
  Tgl berhenti;
};
Nama field
Field type
Panjang field
Offset 
NIP
Int
2
0
Mulai Keja
Tgl
6
2
      -Tanggal
Int
2
2
      - Bulan
Int
2
4
      - Tahun
Int
2
6
Berhenti
Tgl
6
8
      - Tanggal
Int
2
8
      - Bulan
Int
2
10
      - Tahun
Int
2
12

Lokasi field berhenti = base location + offset
                                     = 500 + 8 = 508
Lokasi field berhenti.tahun = 500 + 12 = 512
0 Komentar untuk "Array dan Struktur"